Jumat, 21 Maret 2008

POLITEKNIK AKA (AKADEMI KIMIA ANALIS) BOGOR

Politeknik AKA Bogor didirikan sebagai Akademi Kimia Analisis (AKA) Bogor pada tahun 1959 oleh Departemen Perindustrian Rakjat (sekarang Kementerian Perindustrian) yang kala itu menyelenggarakan program Sarjana Muda dengan tujuan untuk menyediakan tenaga analis tingkat akademi yang diperlukan oleh Balai Penelitian Kimia (sekarang Balai Besar Industri Agro (BBIA)) Bogor. Sejak tahun 1981, berdasarkan Surat Keputusan Bersama Menteri Perindustrian dengan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 278/M/SK/6/81 dan No. 0186/O/1981, AKA dinyatakan sebagai lembaga pendidikan professional program Diploma 3.


Sebagai salah satu unit pendukung Kementerian Perindustrian, Politeknik AKA Bogor bertugas menyediakan SDM Ahli Kimia Analisis dan Terapannya yang dibutuhkan untuk menyelenggarakan dan mengembangkan industri. Hal ini berkaitan dengan misi Indonesia menjadi negara industri maju yang tentu saja akan memerlukan SDM Ahli Kimia Analisis dan Terapannya yang cukup besar dari segi jumlah maupun dari segi kualitas dan tingkat keahlian.



Sasaran tingkat keahlian pendidikan ini adalah kemampuan analisis kimia secara mandiri, mampu mengembangkan keahliannya, mampu membina bimbingannya, dan memiliki dasar keahlian manajerial. Lulusan Politeknik AKA Bogor berhak menggunakan sebutan Ahli Madya



Kampus Politeknik AKA Bogor berlokasi di dua tempat, yaitu Kampus I di Jl. Pangeran Sogiri No. 283, Tanah Baru, Kec. Bogor Utara dan Kampus II di Jl. Ir. H. Juanda No. 7, Bogor. Seluruh kegiatan perkuliahan dan praktik/praktikum dilaksanakan di kampus I. Sedangkan kampus II sejak tahun 2013, digunakan sebagai tempat penyelenggaraan uji kompetensi bagi mahasiswa yang dilakukan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) AKA Bogor. Politeknik AKA Bogor juga telah menerapkan Pola Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum dan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008.



Sejarah Singkat 

Tanggal Berdiri: 1959
Pendiri: Departemen Perindustrian dan Perdagangan RI 
Akademi Kimia Analisis (AKA) adalah perguruan tinggi asuhan Departemen Perindustrian dan Perdagangan RI (Depperindag). Ketika didirikan 1959, akademi ini dimaksudkan untuk menyediakan SDM kimia analis yang dibutuhkan oleh Balai Penelitian Kimia Bogor. Tapi ternyata lulusan AKA juga diminati kalangan industri dan perdagangan lain. Karena itu, mulai tahun 1983 AKA menerima mahasiswa dari manapun, dan pada1984 menyelenggarakan pendidikan profesional Diploma Tiga untuk bidang keahlian kimia analitik.

Tahun 1995, kurikulum AKA disesuaikan dengan ketentuan ISO Guide 25 dan panduan internasional dalam Good Laboratory Practises, dengan memasukkan materi perkuliahan pengendalian mutu (quality control), dan wawasan kewirausahaan. Penyesuaian kurikulum berikutnya pada semester pertama tahun 2001 agar sejalan dengan perkembangan kimia analitik, sekaligus pasar tenaga kerja ASEAN setelah AFTA diberlakukan.
Profil 

Jenjang pendidikan: D3
Jumlah mahasiswa, 2002: 564
Jumlah lulusan, 2002: 123
Jumlah alumni, 2002: 2.479
Jumlah dosen, 2002: 29 (S1: -, S2: 4, S3: 5)
Luas kampus: 1.233 m2
Fasilitas Kampus 

Ruang kuliah: luas ruangan seluruhnya 200 m2
Perpustakaan: luas ruangan 69 m2, koleksi 5.538 judul
Laboratorium: luas ruangan seluruhnya 310 m2 (Kimia Analitik, Instrumen Analitik, Industri Hasil Pertanian, Mineral, Pengendalian Pencemaran)
Kegiatan mahasiswa: ada
Fasilitas lain: ruang kantor/administrasi (166 m2), ruang lain-lain (150 m2), lahan 8.094 m2 disiapkan untuk pengembangan kampus
Pendaftaran Mahasiswa Baru 

Syarat: Komitmen untuk menjaga mutu, Lulusan SMU jurusan A1/Fisika dan A2/IPA, atau SMK (Kimia Industri, Teknologi Kimia, Analis Kimia, dan Analis Kesehatan), Berkelakuan baik dan bebas narkoba, tidak berpenyakit paru, tidak buta warna, tidak cacat fisik, Nilai kimia di STTB minimal 6, Untuk mahasiswa ikatan dinas/tugas belajar: harus disertai Surat Keterangan dari pimpinan instansi atau perusahaan pengirim. Bagi yang tidak lulus seleksi NEM atau STTB harus mengikuti ujian saringan masuk.

Jalur pendaftaran: 1.Tes : Seleksi Khusus, 2.Tanpa Tes : seleksi NEM atau STTB
BIAYA PENDIDIKAN

Data 2002, biaya kuliah: Semester I : Rp 1.750.000 (mencakup: jas almamater, jas laboratorium, biaya kursus komputer dan biaya pelatihan AMT/CEFE), Semester II: Rp 1.250.000, Semester III dan IV: Rp 1.100.000, Semester V dan VI: Rp 1.000.000, PKN dan Ujian Sidang Komprehensif: Rp 600.000 
Lain-lain 

Beasiswa: AKA dan sumber beasiswa lain 
Program Studi 

Fakultas Jurusan Program Studi Jenjang Program Akreditasi Poin 1 Poin 2 Tahun Akr. Catatan
Kimia Analitis Kimia Analitis D3 reguler B 2002

9 komentar:

anita mustika sari mengatakan...

aku ingin mendaftar analitik tapi kok tidak ada informasi pendaftaran dikasih pendaftaran analitik 2010 ya biar saya tidak bingung untuk mendaftar

madona mengatakan...

apakah AKA jawa Barat dan AKA Bogor sama?? Kok alamatnya berbeda??Tolong bantu aku.. makasih

Anonim mengatakan...

sama ko,,
kan AKA itu punya 2 kampus,,
makanya alamatnya jg ada 2.,

ririn mengatakan...

AKA Bogor ikatan dinas juga ga?

ririn mengatakan...

AKA bogor ikatan dinas juga?

Anonim mengatakan...

AKA itu bukan ikatan dinas, tetapi sekolah kedinasan, berada di bawah kementerian perindustrian RI.

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Nalindra Berliani mengatakan...

Emang bedanya apa ikatan dinas sama sekolah kedinasan ? Bukannya sama

Unknown mengatakan...

Beda ikatan dinas sama sekolah kedinanasan apa emangnya?