Jumat, 21 Maret 2008

APP / STPP (AKADEMI / SEKOLAH TINGGI PENYULUHAN PERTANIAN) BOGOR - JAWA BARAT

Keberadaan pendidikan pertanian di STPP Bogor tidak dapat dipisahkan dari peranan Kebun Raya Bogor yang didirikan oleh DR. CGC. Reinwardt. Pada awal tahun 1876 Kebun Raya Bogor memperluas areanya seluas 72,5 ha yang terletak di Desa Cikeumeuh untuk keperluan kebun budidaya. Kebun ini difungsikan untuk tiga macam kegiatan yaitu penelitian, penyuluhan dan pendidikan. Pada tahun 1884, Sekolah Pertanian ini terbakar dan dibubarkan. Baru 15 tahun kemudian, mulai didirikan Lembaga Pendidikan Pertanian, berturut-turut : Kursus Hortikultura (1898), Kursus Pertanian (1900), Sekolah Pertanian (1903), Sekolah Kedokteran Hewan/ Nederlansche Indische Veeartsen School (1908), Sekolah Pertanian Menengah Atas/Middlebare Landbouw School (1913), dan Sekolah Kehutanan Menengah Atas/Middlebare Boshbouw School (1939). Sekolah-sekolah tersebut dikelola dan dibina oleh Departemen Pertanian (Departement Van Landbouw).


Sekolah Pertanian Menengah Atas (SPMA/MLS) Bogor dapat dikatakan sebagai sekolah pertanian yang paling terkemuka. Sekolah ini didirikan dengan Surat Keputusan (SK) Gubernur Jenderal Pemerintah Hindia Belanda pada Agustus 1913. SK ini menetapkan bahwa Sekolah Pertanian (Landbouw School) yang didirikan pada tahun 1903 dihentikan kemudian ditingkatkan menjadi SPMA/MLS dengan 2 (dua) minat studi yaitu Ilmu Pertanian dan Kehutanan. Seluruh siswanya mendapat beasiswa dan sebagian berstatus ikatan dinas. Sekolah Kehutanan Menengah Atas (SKMA/MBS) merupakan sempalan dari SPMA/MLS. Karena kekhususannya, maka pada tahun 1939 Pemerintah Hindia Belanda memutuskan untuk memisahkan Jurusan Kehutanan dari SPMA/MLS menjadi sekolah sendiri dengan nama Sekolah Kehutanan Menengah Atas (SKMA). Sekolah ini dipindahkan dari Bogor ke Madiun dan seluruh siswanya diikat dengan sistem ikatan dinas.



Pada masa pendudukan Jepang, SPMA/MLS ditutup karena alasan keamanan. Namun pada bulan Agustus 1942 sekolah ini dibuka kembali dengan nama Sekolah Pertanian Menengah Tinggi (SPMT) dan memiliki dua jurusan yaitu Jurusan Pertanian dan Jurusan Kehutanan, dan MBS di Madiun digabungkan ke SPMT Bogor. Setahun kemudian Jurusan Kehutanan dipisahkan menjadi Sekolah Kehutanan Menengah Tinggi (SKMT). Pada tahun 1994 di Malang didirikan Sekolah Pertanian setingkat SPMT. Pada awal kemerdekaan (1947), SPMT (SPMA/MSL) bertambah menjadi 5 lembaga yang berlokasi di Bogor, Malang, Klaten, Bukit Tinggi, dan Makasar. Pada bulan Agustus 1950 keluar SK Menteri Pertanian RI yang mewajibkan semua SPMA untuk melaksanakan kurikulum yang seragam. Hingga tahun 1960 Sekolah Pendidikan Pertanian Tingkat Lanjutan Atas yang dibuka adalah (1) SPMA di Bogor, Malang, Yogyakarta, Makasar, Bukit Tinggi, Medan, Palembang, Banjar Baru, Mataram, Ambon; (2) Sekolah Kehewanan Menengah Atas di Malang; (3) Sekolah Perikanan Darat Menengah Atas di Bogor; (4) Sekolah Perikanan Laut Menengah Atas di Jakarta; (5) Sekolah Menengah Usahatani di berbagai provinsi; (6) dan sekolah swasta (SPMA dan SPbMA) di Solo, Jember, Mujamuju dan Medan. Dalam akhir Pelita I (1974), Sekolah pertanian yang semula berorientasi monovalent diubah menjadi polyvalent, yaitu siswa mempelajari berbagai bidang pertanian dengan tetap mendapat kesempatan untuk memperdalam salah satu bidang tertentu pada akhir masa belajarnya. Sebagai konsekuensinya nama-nama sekolah kejuruan pertanian pun berubah menjadi Sekolah Pertanian Pembangunan (SPP), dan agar tidak membingungkan tetap mencantumkan nama lama seperti misalnya SPP-SPMA, SPP-SNAKMA, SPP-SUPM. Pada Pelita V Sekolah Pertanian Menengah Atas terdiri dari SPP Negeri (yang dikelola oleh Departemen Pertanian) berjumlah 30 sekolah, SPP Daerah (yang dikelola pemerintah daerah) berjumlah 80 sekolah dan SPP Swasta yang berjumlah 80 sekolah. Dalam perkembangan selanjutnya (1987), dengan pemikiran bahwa diperlukan penyuluh pertanian yang lebih baik pendidikannya, 9 SPP Negeri (Bogor 3 SPP, Malang 2 SPP, Medan, Magelang, Yogyakarta dan Gowa) berubah bentuk menjadi Pendidikan dan Latihan (DIKLAT) Ahli Penyuluhan Pertanian (APP) dengan masa pendidikan 3 tahun (program Diploma III). Selanjutnya pada tahun 1992, DIKLAT APP berubah menjadi Akademi Penyuluhan Pertanian (APP) yang berkedudukan di Bogor Medan, Magelang, Yogyakarta, Malang dan Gowa.



Pada Tanggal 11 April 2001 Presiden Republik Indonesia mengeluarkan Keppres No. 50 tahun 2001 yang menetapkan Akademi Penyuluhan Pertanian di Bogor dan Malang ditingkatkan statusnya menjadi Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian (STPP), khusus Bogor memiliki 4 jurusan yaitu Jurusan Penyuluhan Pertanian, Jurusan Penyuluhan Peternakan, Jurusan Penyuluhan Perikanan, dan Jurusan Penyuluhan Kehutanan dengan 4 lokasi kampusnya yaitu Cibalagung, Cinagara, Cikaret, dan Rumpin. Setahun kemudian (2002) APP lain mengikuti perubahan ini APP Magelang dan Yogyakarta bergabung menjadi STPP Yogyakarta, STPP Medan, dan STPP Gowa. Pertimbangan pendidikan ini diperlukan oleh seluruh penyuluh di Indonesia dalam perkembangannya di tahun 2004 berdiri STPP Manokwari dan STPP Nangro Aceh Darusalam (NAD). Pada tahun 2006 berdasarkan Keppres No. : 783/SM.620/A/11/05 dan No. : 08/SJ/DKP/XI/2005, tanggal 14 November 2005, Jurusan Penyuluhan Perikanan menjadi bagian dari Departemen Kelautan dan Perikanan sedangkan Jurusan Penyuluhan Kehutanan tidak lagi menerima mahasiswa baru



Status: Kedinasan (Departemen Pertanian RI)
Alamat : Jl. Cibalagung, Desa Pasir Buncir, Kec. Caringin, Bogor 16001, Jawa Barat
Telepon : (0251) 312386
Direktur : Ir. M. Zein Syarief
Sejarah Singkat 

Pendiri: Departemen Pertanian 
Profil 

Jenjang pendidikan: D3
Jumlah mahasiswa, 2002: 520
Jumlah lulusan, 2002: 192
Jumlah dosen, 2002: 55 (S1: -, S2: 19, S3: 4)
Luas kampus: 7.447.724 m2
Fasilitas Kampus 

Ruang kuliah: luas ruangan seluruhnya 1.510 m2 (- ruangan)
Perpustakaan: luas ruangan 595 m2, koleksi 2.855 judul, 25.706 eksemplar
Laboratorium: luas ruangan seluruhnya 2.066,7 m2 (- unit laboratorium)
Lembaga penelitian: ada ruangan untuk kegiatan penelitian/pengabdian pada masyarakat (64 m2)
Kegiatan mahasiswa: ada ruangan untuk kegiatan mahasiswa (24 m2)
Fasilitas lain: ruang kantor/administrasi (1.290 m2), ruang seminar/workshop (598 m2), asrama mahasiswa (3.146 m2), ruang olahraga/rekreasi (11.100 m2), ruang studio (84 m2), ruang komputer (64 m2), ruang serbaguna/aula (862 m2)
Program Studi 

Fakultas Jurusan Program Studi Jenjang Program Akreditasi Poin 1 Poin 2 Tahun Akr. Catatan
Penyuluhan Pertanian D3 reguler
Penyuluhan Perternakan D3 reguler
Penyuluhan Perikanan D3 reguler

3 komentar:

amarilisa kusuma mengatakan...

kapan ya tanggal pembukaan pendaftaran siswa baru nya ??

saya ungun mendaftar, terima kasih...

amarilisa kusuma mengatakan...

kapan pembukaan siswa baru nya ?

saya ingin mendftar...

terima kasih.

Riska Ananda mengatakan...

Maskih banyak ya Jasa Pembuatan Online Shop dan Jasa Pembuatan Website Online Shop - serta Jasa Pembuatan Website Murah - Jasa Pembuatan Website Toko Online - Grosir Jilbab Murah serta Jilbab Instan Terbaru juga Jasa Pembuatan Toko Online